SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG DI MY BLOG-----------SELAMAT DATANG DI MY BLOG-----------SELAMAT DATANG DI MY BLOG-----------SELAMAT DATANG DI MY BLOG-----------

Senin, 20 Juni 2011

Ilmu Ekonomi

EKONOMI adalah ilmu yg mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti dari masalah ekonomi adalah adanya ketidak seimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dengan alat pemuas kebutuhan yg jumlahnya terbatas. Permasalahan itulah yg menyebabkan timbulnya kelangkaan (scarcity)
Kata EKONOMI sendiri berasal dari kata yunani o?kos (oikos) yg berarti keluarga, rumah tangga, & vouos (nomos) atau peraturan , aturan, hokum dan secara garis besar diartikan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga. Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang yg menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.
Secara umum subjek dalam ekonomi dapat dibagi dalam beberapa cara yg paling terkenal yaitu:
makro vs mikro ekonomi,
Positif(deskriptif) vs normative,
Mainstream Vs heterodox
Dsb.
Ekonomi juga dapat difungsikan sebagai ilmu terapan dalam manajemen keluarga, bisnis dan pemerintah.teori ekonomi juga dapat digunakan dalam bidang-bidang penelitian perilaku criminal, penelitian ilmiah, kematian, politik, kesehatan, pendidikan, keluarga dsb.hal ini dimungkinkan karena pada dasarnya ekonomi seperti yg telah disebutkan diatas adalah ilmu yang mempelajari pilihan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar